Sekilas Tentang C++

C++ adalah bahasa pemrograman komputer yang dikembangkan di Bell Labs (Bjarne Stroustrup) pada awal tahun 1970-an, Bahasa itu diturunkan dari bahasa sebelumnya, yaitu BCL. Pada awalnya, bahasa tersebut dirancang sebagai bahasa pemrograman yang dijalankan pada sistem Unix. Pada perkembangannya, versi ANSI (American National Standart Institute) Bahasa pemrograman C menjadi versi dominan. Meskipun versi tersebut sekarang jarang dipakai dalam pengembangan sistem dan jaringan maupun untuk sistem embedded. Bjarne Stroustrup pada Bell labs pertama kali mengembangkan C++ pada awal 1980-an. Untuk mendukung fitur-fitur pada C++, dibangun efisiensi dan sistem support untuk pemrograman tingkat rendah (low level coding). Pada C++ ditambahkan konsep-konsep baru seperti class dengan sifat-sifatnya seperti inheritance dan overloading. Salah satu perbedaan yang paling mendasar dengan bahasa C adalah dukungan terhadap konsep pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming).

Perbedaan Antara Bahasa pemrograman C dan C++ meskipun bahasa-bahasa tersebut menggunakan sintaks yang sama tetapi mereka memiliki perbedaan. C merupakan bahasa pemrograman prosedural, dimana penyelesaian suatu masalah dilakukan dengan membagi-bagi masalah tersebut kedalam su-submasalah yang lebih kecil. Selain itu, C++ merupakan bahasa pemrograman yang memiliki sifat Pemrograman berorientasi objek. Untuk menyelesaikan masalah, C++ melakukan langkah pertama dengan menjelaskan class-class yang merupakan anak class yang dibuat sebelumnya sebagai abstraksi dari object-object fisik. Class tersebut berisi keadaan object, anggota-anggotanya dan kemampuan dari objectnya Setelah beberapa Class dibuat kemudian masalah dipecahkan dengan Class.

 


 

Sekilas tentang Code::Blocks

Pada tutorial pemrograman lanjutan Console C++ ini, kami menggunakan aplikasi Code::Blocks. Untuk lebih mengenal Code::Blocks silakan baca artikel dibawah ini.

Code::Blocks merupakan salah satu contoh IDE (Integrated Development Environment) pada lingkungan bahasa pemrograman C/C++ yang bersifat open soure dan cross-platform. Aplikasi ini dikembangkan dengan bahasa C++ dengan menggunakan wxWidgets sebagai UI toolkit-nya. Code Blocks juga mendukung berbagai compiler seperti GNU GCC, Intel C/C++, SDCC, Tiny C, GDC D, Digital Mars D, GNU ARM GCC, GNU AVR GCC, GNU GCC for PowerPC, GNU GCC for TriCore, tersedia pula konfigurasi masing-masing compiler dengan GUI. Code::Blocks juga dapat berjalan dengan baik di Windows, Linux, FreeBSD dan Mac OS X. Karena sifatnya yang Free, Open Source dan ringan, maka kami menggunaka aplikasi ini untuk membangun pemrograman pada console C++ 

 


 

Sekilas tentang Microsoft Visual Studio

Pada tutorial visual C++, kami menggunakan Microsoft Visual Studio 2010 sebagai IDE. untuk lebih mengenal Microsoft Visual Studio kalian dapat membaca sedikit artikel tentang Ms Visual Studio dibawah ini.

Microsoft Visual Studio merupakan sebuah perangkat lunak lengkap (suite) yang dapat digunakan untuk melakukan pengembangan aplikasi, baik itu aplikasi bisnis, aplikasi personal, ataupun komponen aplikasinya, dalam bentuk aplikasi console, aplikasi Windows, ataupun aplikasi Web. Visual Studio mencakup kompiler, SDK, Integrated Development Environment (IDE), dan dokumentasi (umumnya berupa MSDN Library). Kompiler yang dimasukkan ke dalam paket Visual Studio antara lain Visual C++, Visual C#, Visual Basic, Visual Basic .NET, Visual InterDev, Visual J++, Visual J#, Visual FoxPro, dan Visual SourceSafe.

Microsoft Visual Studio dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi dalam native code (dalam bentuk bahasa mesin yang berjalan di atas Windows) ataupun managed code (dalam bentuk Microsoft Intermediate Language di atas .NET Framework). Selain itu, Visual Studio juga dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi Silverlight, aplikasi Windows Mobile (yang berjalan di atas .NET Compact Framework).